ABDIR RAZIQ

ELEKTRO

1120201171

Subject : Arus Kuat

File :

Abstrak

STUDI OPERASI EKONOMIS PEMBEBANAN PADA SYSTEM HYBRID PLTD DAN PLTS SEBAGAI POWER SUPPLY BASE TRANSCEIVER STATION PADA PT BAKRIE TELECOM, Tbk

2014

     Sistem Hybrid adalah penggunaan dua atau lebih pembangkit listrik dengan sumber energi yang berbeda, umumnya digunakan untuk captive genset, sehingga diperoleh sinergy yang memberikan keuntungan ekonomis maupun teknis (keandalan system supply). Solarsel/ photovoltaic merupakan pembangkit listrik tenaga surya yang menggunakan energi matahari sehingga penggunaan energinya tidak terbatas dan terbarukan, dikarenakan penggunaan energi matahari pada PLTS / Photovoltaic sehingga tidak menimbulkan biaya konsumsi bahan bakar sedangkan pada sistem PLTD/ genset menimbulkan biaya konsumsi bahan bakar solar.
     Pertimbangan komparatif antara genset dan penggunaan energi surya sebagai pencatu daya / power suply sebuah Base Transceiver Station adalah dengan semakin mahalnya biaya operasional bahan bakar genset (diesel) akibat tren harga minyak dunia yang terus meningkat dan biaya pemeliharaan genset yang cukup mahal setiap bulannya, serta sistem PLTS sampai saat ini masih merupakan teknologi yang relatif baru dan masih dapat dikembangkan.
     Pada pembahasan ini akan mencoba membahas perhitungan beban yang dipakai PLTS/ photovoltaic dan PLTD/ genset diesel 20 kVA merek Denyo dengan mesin Kubota pada site PT Bakrie Telecom, Tbk. Menentukan beban harian PLTS/ photovoltaic dan PLTD/ genset, menghitung total keseluruhan energi yang terpasang pada site PT Bakrie Telecom, Tbk adalah 4561,6 Watt. PLTS/ photovoltaic juga membantu operasi pembebana genset menjadi efisien yakni dari yang posisi awalnya genset beroperasi 24 jam dengan masuknya PLTS/ photovoltaic operasi genset berkurang menjadi 8 jam per hari.
     Penggunaan PLTS sedikit banyak juga mengurangi biaya operasional pemakaian bahan bakar genset, pada PLTD/ genset dalam satu jam per hari adalah 7.4 Liter/ kWh, maka penghematan bahan bakar solar pada genset adalah 16 jam x 7.4 Liter/ kWh adalah 118.4 Liter/ kWh.
     Kata kunci : HYBRID, PLTD, PLTS, BATERAI.